Sabtu, 21 Mei 2011

Sekilas tentang Black panther karate

Kawan mungkin ini bisa menjawab pertanyaan kamu. sejarah BLACK PANTHER KARATE….

Seorang Guru besar Karate dari jepang bernama Kobayashi, dan merupakan pula seorang perwira intel Jepang kelahiran Okinawa Kobayashi,telah menjadi kenalan baik keluarga dari Sihan (Guru Besar ((Hanya boleh ada satu dalam satu negara)) di Indonesia yang bernama “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.”. Mungkin karena itu suatu hari si intel ini menawarkan kepada kakeknya Syahrir untuk mengajarkan "ilmu beladiri Jepang yang hebat yang disebut karate".

Merasa sudah tua si kakek menolak, tapi minta kepada Kobayashi agar ilmu itu diajarkan saja kepada cucunya, Syahriar Mahyoedin. Black Panther pada waktu itu di peruntukkan untuk Passus (pasukan khusus) Berani Mati. "Jadi Black Panther karate asli dari Okinawa", . "Waktu itu memang sihan “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.” kagum pada Kobayashi karena dia mendemonstrasikan mampu memecahkan benda-benda keras dengan tangan kosong". Menurut beliau ia tidak pernah menanyakan kepada gurunya aliran apa yang diajarkannya itu. "Soal aliran itu baru sekarang saja timbulnya". kata “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.”.

"Dulu tidak ada aliran-aliran". Katanya, setelah Jepang meninggalkan Indonesia ia tetap meneruskan latihan karate yang sudah didapatinya dari Kohayashi. Kemudian ia melanjutkan memperdalam ilmu karatenya di beberapa kota di Okinawa seperti Koza, Naka dan Nago. Kapan itu ? "Yaa, sekitar tahun lima-puluhanlah". Akan nama Black Panther yang Menurut “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.” ketika sedang berkecamuk Perang Korea dibentuklah pasukan khusus (Passus) "berani mati" untuk membantu Korea yang hampir dicaplok komunis. Anggota Passus ini terdiri dari bekas-bekas tentara Jepang ahli-ahli karate di masa Perang Dunia ke-II. Passus ini kemudian dipecah dua masing-masing diberi nama Black Panther dan Black Tiger. Kisah ini juga termuat semua dalam "Buku Pintar" yang lumayan tebalnya dixerox dan dijilid rapi berisi abc-nya seni beladiri karate umumnya dan Black Panther khususnya yang -- seperti dikatakan. “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.”"menjadi pegangan bagi setiap instruktur International Black Panther Karate".

Passus(pasukan khusus)itu menurut Syahriar terdiri dari bermacam bangsa (Asia) Dalam "Buku" itu terdapat nama-nama seperti Koshima Atsukowatanabe, Hareda Yamamoto, Mitsui Kobayashi - semua dari Jepang, Kilu Yong Hac dan Kwong Chu Sun dari Korea, Nguyen Quie Sung dan Yung Ngie Caotrie dari Viet Nam. pembentukannya terjadi 7 Agustus 1950 dengan anggota 113 orang. Surat Hwang Kee. "Pada bulan Pebruari 1960 secara diam-diam dan di tempat yang agak tersembunyi di salah satu tempat di Kebayoran Baru “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.” selaku orang yang mengetahui ilmu dari Black Panther Karate ini melakukan latihan-latihan khusus dengan beberapa orang anggota militer" -begitu tertulis di "Buku" di bawah Bab "Lahirnya International Black Panther Karate di Bumi Indonesia".

Disebutkan, dari Kebayoran latihan kemudian dialihkan ke Cilincing. Tapi karena rahasia ini kelihatannya mulai terbongkar, latihan digeser lagi ke arah Bekasi. Dan agar tidak diketahui penduduk--maklumlah rahasia namanya -- untuk mencapai tempat latihan "diadakan suatu sistim penyusupan para anggota seorang demi seorang pada tengah malam buta". Karena untuk memecahkan benda-benda keras tentu harus ada benda-bendanya maka meskipun namanya menyusup para anggota juga harus berhasil menggotong benda-benda keras itu ke tempat latihan.

Ada kesan kisah latihan di "Kitab Black Panther" ini ada hubungannya dengan Trikora jika dibaca kalimat ini: Maka pada tanggal 7 Agustus 1960, yaitu saat sedang berkecamuknya situasi pengiriman pasukan-pasukan Indonesia ke sekitar Irian Barat dan bertepatan pula dengan hari latihan khusus para karateka tadi pada hari Minggu dinihari jam 00.03 dengan suatu upacara yang sangat sederhana tetapi penuh khidmat International Black Panther di bumi Indonesia diresmikan".

Pimpinan Tertinggi: Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.
Wakil: Dr. Armeyn Siregar.

Black Panther sebagai anggota FORKI di lain fihak sekarang ini bertolak dari wasangka yang telah timbul sejak beberapa tahun yang lalu itulah. Tapi di fihaknya, Teuku Syahriar bukan tak punya wasangka sendiri terhadap FORKl. "Jauh sebelum Musyawarah Lembaga Aliran FORKI itu, Black Panther memang sudah menjadi bulan-bulanan", kata Syahriar. Sebabnya, "karena Black Panther dianggap merupakan saingannya", meskipun Black Panther sama sekali tak punya ambisi apa-apa kecuali hanya ingin mendidik generasi muda ilmu seni beladiri karate. Itulah sebabnya Black Panther tak merasa perlu untuk duduk dalam kepengurusan FORKI".

Putera ke-8 dari 17 bersaudara kandung, “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku. Syahrir Mahyuddin C.L.M.Sc.” mengatakan "walau apapun yang terjadi Black Panther tetap tidak mau berafiliasi dengan salah satu dari 8 aliran yang disepakati oleh pihak Forki ". Katanya, sekarang ini Black Panther mempunyai anggota antara 15 sampai 18 ribu orang terdiri dari sipil maupun militer, tersebar di Sumatera, Jawa dan sulawesi. "Saya siap menghadapi risiko apapun. Ke luar dari FORKI maupun Black Panther dibubarkan. Black Panther boleh dibubarkan, asal oleh pemerintah, karena kami badan hukum".

Black Panter terdaftar di forki, tetapi tidak pernah kirim murid nya buat ikut kejuaraan Forki.Karena Menurut “Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.” karate tidak untuk dipertandingkan karena merupakan urusan hidup atau mati,dimana black panther merupakan perguruan yang independen yang mempunyai aliran yang keras yaitu full body conteck bukan merupakan aliran yang di buat oleh FORKI yaitu Shotokan,black panther mempunyai aliran tersendiri yang independen yaitu -Mamuru : pertahanan diri ( ini yang dianut oleh international black panther karate ) - meichu : full body contack (langsung)

Black Panther karate masuk di Indonesia: 26-08-1960
Pendiri INTERNATIONAL BLACK PANTHER :
· Koshisa Atsukawa Tanabe : “Dari noha ibukota Okinawa Jepang”
· Haneda Yomamata : “Dari sebelah utara Noha Jepang”
· Mitsui Kabayashi : “Dari timur Laut Jepang”
· Kim Yang Hoe : “Dari Korea”
· Kwang Chu Sun : “Dari Korea”
· Mguyen Ghi Sung : “Dari Vietnam”
· Yang Mgie Castrie : "Dari korea"

Black panther merupakan aliran beladiri yang menggunakan sistem full body contack.Sebagai karate yang beraliran FULL BODY CONTACK ini mempunyai prinsip bertarung yang sederhana.yaitu satu serangan,satu nyawa”.bagin Black Panther itulah hakekat sebenarnya dari karate.Gerak langkah kaki,tipuan,dan teknik-teknik yang rumit adalah berikutnya.Prinsip tersebut diterapkan kepada seluruh anggota-anggota black panther karate yaitu FULL BODY CONTACK sampai pada saat ini.Teknik kumite/bertarung yang diterapkan dalam ilmu beladiri ini menggunakan sistem full body contack adalah dimana diperbolehkan memukul dan menendang sekeras-kerasnya sampai lawan terjatuh atau KO.Dengan beberapa larangan yaitu menangkap dan memegang (lebih 3 detik).

OSH!

23 komentar:

  1. Sya suka gerakan dan gaya black phanter.....di mna ya saya bisa belajar black phanter....mohon petunjujknyA.....

    BalasHapus
  2. coba belajar disini :
    http://blackpantherkarateunitsudiang.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Saya pernah dilatih oleh Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc pada tahun 1978. Bagaimana keadaan beliau sekarang?

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasinya, bagus sekali :)
    Sudilah Kunjungi blog saya
    erikkarate.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. Terima kasih informasinya, bagus sekali :)
    Sudilah Kunjungi blog saya
    erikkarate.blogspot.co.id

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Menurut saya moto Black Panther Itu mirip dg moto kyokushin yaiyu satu pukulan satu nyawa. Gerak langkah kaki,tipuan,dan teknik-teknik yang rumit adalah berikutnya. yaitu motto Masutatsu Oyama Sosai Ichi geki Hisatsu (Single Strike Certain Death) / Satu pukulan
    Ossh

    BalasHapus
  8. Saya pernah ikut berlatih cabang LIA Jalan Pramuka, jakarta th 1977, usia saya ketika itu 25. Saya ingin tahu keadaan Bp Teuku Syahriar Mahyuddin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya Billy Naland, sy jg pernah berlatih di cabang LIA Jl Teuku Umar no.9 thn 1972 s/d 1975 sampai sabuk biru ke sabuk coklat ... Sy ingat bbrp nama teman SPT Yang Ie Ling, Kusumo, Willy dll,apakah Shihang sy pak Syahriar Mahyuddin masih hidup ?Tq.

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum, ijin Admin. Papa saya berlatih dengan Teuku Shariar Mahyudin. Papa saya sering mengatakan kehebatan Gurunya. Terutama Tameshiwari, baik itu kecepatan maupun kekuatan Gurunya. Merobek Satu Reams Kertas Duplikator dengan dua tangannya. Apa kabar Guru Papa Saya ini ya ? Papa saya lahir Th. 1951, pada Th. 78' Beliau Ujian DAN III di Ho ci minh - Vietnam. Saya dibesarkan dengan Cerita mashurnya BP. Harap info dari Admin, saya ingin tahu masa lalu sebenarnya. WA. 081365222619. Terimakasih sebelumnya, Osh !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, karena Shihang bbrp kali mendemonstrasikan kehebatan beliau dlm satu detik bisa melancarkan serangan ketiga penjuru baik dgn kaki dan tangannya ...osh

      Hapus
  10. osh....sy pernah juga diajar sm sihan prof tengku syarial mahyudin..waktu tahun 1984 smp 1986 latihanx masih di pramuka tepatx di LIA ..sy syka sekali black panther walaupun hanya smp ban kuning

    BalasHapus
  11. Mohon petunjuk dimana saya bisa mendaftarkan anak saya utk latihan black panther saat ini...terima kasih

    BalasHapus
  12. Osh.saya ingin ketemu Shihan Syahril, bisa minta tolong kemana saya bisa nemui beliau. Terima kasih

    BalasHapus
  13. Osh no hp/wa saya 0812 10461 280

    BalasHapus
  14. Waktu saya SD saya ikut latihan Black Panther sekitar tahun 75an di Jl. Gunung Sahari selama kurang lebih 3 tahun.

    BalasHapus
  15. Mantaap....andai berkenan ikut program PB Forki...sdg teknik internal tetap full body contact. Soal kata mengikuti badan karate dunia WKF...pasti juoos

    BalasHapus
  16. Pada awal tahun 80 an, saya pernah berdekatan meja dengan Yth Bapak Teuku Mahyuddin saat Kongres Forki, kami bercerita banyak tentang Aceh

    Saya wakil Pengda Forki Aceh

    BalasHapus