Sabtu, 21 Mei 2011

Black panther adalah sebuah aliran karate yang didirikan oleh Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku Syahriar Mahyoedin C.L.M.Sc, Aliran ini menekankan latihan fisik dan full-contact kumite, yakni latih-tanding / "sparring" tanpa pelindung.diyakini oleh beliau sebagaimana karate itu seharusnya diajarkan dan dipelajari.

Black panther merupakan aliran beladiri yang menggunakan sistem full body contack.Sebagai pendiri yang beraliran FULL BODY CONTACK ini mempunyai prinsip satu serangan,satu nyawa”.baginya itulah hakekat sebenarnya dari karate.Gerak langkah kaki,tipuan,dan teknik-teknik yang rumit adalah nomor berikutnya.Prinsip tersebut diterapkan kepada seluruh anggota-anggota karate yang beraliran FULL BODY CONTACK sampai pada saat ini.

Teknik kumite/bertarung yang diterapkan dalam ilmu beladiri khususnya black panther yang menggunakan sistem full body contack adalah dimana diperbolehkan memukul dan menendang sekeras-kerasnya sampai lawan terjatuh atau KO.Dengan beberapa larangan yaitu menangkap dan memegang (lebih 3 detik)

Tujuan dari black panther Karate adalah untuk membina mental dan salah satu dari perwujudan penempaan mental tersebut adalah untuk menghindarkan dari perkelahian yang tidak perlu. Karate memang bukan untuk mencari masalah. Tetapi apabila masalah itu datang dengan sendirinya, lari dari masalah adalah tindakan pengecut.


 Black Panther karate masuk di indonesia : 26-08-1960
 Black panther karate masuk di Makassar : 26-08-1977

Pendiri BLACK PANTHER KARATE bagian Indonesia Timur :
1. H.AMBO DJETTA
2. ABDULLAH BASTIAN
3. MUKHTAR ATENG
4. ACHMAD BONGKARI
5. AMIR AR
6. RIDWAN SALEH
7. H.SAID.P
8. NORMAN
9. AMIRUDDIN
10. ALEX OLI’I

SIHAN INTERNATIONAL BLACK PANTHER KARATE ( INDONESIA) :
“Prof.M.A.S.D.E.S.W.Teuku.Syahrir Mahyuddin.C.L.M.Sc.”


§ SHIHAN : Guru Besar,(Hanya boleh ada satu dalam satu negara)

Latihan dasar dari black panther karate terbagi 3 yaitu sebagai berikut:
-Latihan teknik-teknik dasar karate seperti teknik memukul, menendang dan menangkis.
-Kata, yaitu seni atau gabungan seluruh gerakan dalam ilmu karate.
-Kumite, yaitu latihan tanding pertarungan bebas atau sparring.

Teknik dasar atau gerakan dasar kegunaanya dalam suatu latihan adalah untuk memantapkan gerakan serangan gerakan yang dilakukan baik dengan tangan maupun kaki,kuda-kuda dan juga memantapkan serta menyempunakan posisi siap gerakan kita,disamping itu untuk meningkatkan stamina .Sistem yang dipakai ialah sistem 1, sistem 3, sistem 5, dan sistem 7.Dengan syarat bila kita bergerak maju harus berakhir dengan kaki kanan dan berakhir dengan kaki kiri bilamana bergerak mundur

 Pada zaman sekarang karate juga dapat dibagi menjadi aliran tradisional dan aliran olahraga. Aliran tradisional lebih menekankan aspek bela diri dan teknik tempur sementara aliran olahraga lebih menumpukan teknik-teknik untuk pertandingan olahraga

 Karate sebagai seni bela diri,seiring jaman yang berubah, karate juga berevolusi dalam fungsinya. Ketika diperkenalkan pertama kali di Okinawa fungsinya untuk membunuh dan terbunuh adalah lumrah. Pada masa itu karate sangat dirahasiakan, bahkan untuk membicarakan saja orang tidak berani. Walau Jepang sudah masuk masa Restorasi Meiji, budaya merahasiakan ini baru benar-benar berakhir tahun 1901. Ketika itu Itosu berhasil mengangkat karate ke permukaan dengan menunjukkan manfaat fisik dan mental dalam karate.

 Evolusi berikutnya ketika karate masuk ke Jepang berubah menjadi seni bela diri dengan filsafat. Konsep yang dipopulerkan oleh Funakoshi ini tidak hanya merubah ideogram karate, namun juga filosofinya. Karate berubah istilah. Hingga saat ini ada yang tetap memegang fungsi karate sebagai filosofi . Mereka dengan tegas menarik diri menggunakan karate untuk murni bela diri dan pertahanan diri
 Evolusi ketiga dari karate adalah pada era perang. Dimana saat Jepang menginvasi negara-negara Asia tahun (1930-1936) dan Perang Dunia II (1945-1949) karate digunakan sebagai materi wajib bagi prajurit.Seorang praktisi karate dibolehkan menyerang lawan sekuat-kuatnya.

KARATE terbagi atas 2 bagian :
§ Undo : olahraga
- hasauire : no body contack (tak langsung)
§ Mamuru : pertahanan diri ( ini yang dianut oleh international black panther karate )
-meichu : full body contack (langsung)

13 komentar:

  1. ^.^ inilah perguruan yg mngajarkanku Seni Bela Diri sejati...

    BalasHapus
  2. Perlu hati-hati dalam menerapkan Black Panther yang menggunakan konsep Full Body Contact karena dapat kemampuan full body contact sangat berbahaya bila di terapkan di masyarakat, komentar juga ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Sy minta bantuan bila ada alamat black panther di Banten ,sy minta info.

    BalasHapus
  4. salam.. saya ingin bertanya, tentang alamat black phanter unit makassar..? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hosh, black panther makassar bisa tanya2 di uin alauddin, di sekretariatnya, senpai2 bisa bantu di sana

      Hapus
  5. Jayalah selalu Black Panther...

    BalasHapus
  6. Saya sudah lama vakum,,pengin gabung lagi d black panther,tp tuk d padang,kyak nya gk da bukak dojo lg.klo ada tlong infokan..??

    BalasHapus
  7. Jadi ingat waktu Gashuku Di pantai air manis padang..
    Jaya slalu International balck panther.👊👊

    BalasHapus
  8. Osh ..saya black panther unit UIN Alauddin Makassar

    BalasHapus
  9. Kalau di jakarta dmn ya sekarang? Dulu thn 84 di LIA pramuka.

    BalasHapus